Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

06 Mei 2017

20. Pengemis di Pasar Baru Cikarang - Wildan Sohibul Wafa - XI IIS 3

20. Pengemis di Pasar Baru Cikarang - Wildan Sohibul Wafa - XI IIS 3


Pengemis adalah seorang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta dimuka umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Meskipun menjadi pengemis adalah halal, tidak semua orang boleh menjadi pengemis, orang yang boleh menjadi pengemis adalah orang yang sangat miskin sehingga ia terpaksa mengemis untuk bertahan hidup.
Contohnya adalah bapak Ocin ia Adalah seorang pengemis di daerah pasar baru Cikarang,yang terletak di Jl. R.E Martadinata. Karena bapak Ocin sudah tua dan memiliki penyakit mata yang membuat ia tidak bisa melihat dan dia sudah lupa dengan umurnya lagi. Bahkan tanggal lahirnya pun dia sudah lupa, ia lahir di Cikarang, tepatnya di kampung Pule
Sejak lahir dia sudah tinggal di Cikarang dan tinggal di kontrakan . Beliau mempunyai  3 anak,. Tetapi beliau tetap bekerja untuk menyambung kehidupanya dan anaknya.
Dalam pekerjaan ini sistem bagi hasinya tidak untuk siapa-siapa, hasilnya ini hanya untuk ia sendiri dan untuk keluarganya. “jika bagi hasil untuk orang lain,bapak dan keluarga tidak bisa makan. Makannya tidak ada sistem bagi hasil” ucap bapak Ocin.
Penghasilan sehari-hari bapak itu tidak menentu, terkadang  yang paling besar itu hanya Rp. 90.000; paling terkecil Rp.20.000, bahkan jikalau cuaca tidak mendukung si bapak bisa tidak mendapat uang sama sekali.
Si bapak  mulai bekerja  dari jam 12 siang sampai 5 Sore.Bapak itu pernah sekolah hanya sampai lulus SD. Pengalaman kerja si bapak tidak ada karena penyakitnya yang ia derita sudah lama.
Bapak Ocin berangkat mengemis dengan menggunakan motor ia diboncengi oleh temannya yang bekerja sebagai pengatur parkiran.Pesan yang disampaikan Bapak Ocin untuk para pelajar: “belajarlah yang sukses,semoga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Dan dimudahkan segala urusannya, dan dilancarkan rezekinya.”





Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog