Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

24 Mei 2017

KD 4.1 Menginterpretasi Teks Eksplanasi Kompleks



.

KD 4.1 Menginterpretasi Teks Eksplanasi Kompleks

(kerjakan secara berkelompok, maks. 4 orang)

Hari              : ....................................................................
Tanggal        : ....................................................................
Kelas            : ....................................................................
Nama           :
  1. ................................................................................................................
  2. ................................................................................................................
  3. ................................................................................................................
  4. ................................................................................................................

kerjakan Tugas berikut ini!
  1. Tulislah definisi makna konotasi!
  2. Tulislah definisi makna denotasi!
  3. Tulislah definisi makna leksikal!
  4. Tulislah definisi makna gramatikal!
  5. Tulislah definisi makna asosiatif!
  6. Tulislah definisi perubahan makna generalisasi!
  7. Tulislah definisi perubahan makna spesialisasi!
  8. Tulislah definisi makna ameliorasi!
  9. Tulislah definisi makna peyorasi!
  10. Cari dan tulislah contoh konotasi beserta artinya dalam teks eksplanasi kompleks di bawah ini sebanyak minimal 10 buah!
    Misal:
    Anton dianggap oleh teman-temannya sebagai anak kemarin sore.

    Anak kemarin sore artinya seseorang yang belum punya banyak pengalaman.

===================================================================
Teks Eksplanasi Kompleks

Manfaat dan Bahaya Jejaring Sosial di Kalangan Remaja

Dengan hadirnya internet yang merupakan alat tercanggih saat ini, internet merupakan alat yang sering digunakan pelajar saat ini,terutama jejaring social. Karena dengan menggunakan jejaring sosial pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jarak jauh.
Perkembangan tekhnologi yang semakin modern dan canggih ini memberikan manfaat bagi pelajar, tapi di sisi lain juga dapat menimbulkan dampak negatif, khususnya bagi pelajar Informasi dan komunikasi yang terdapat dalam jejaring sosial bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan, tapi ada juga yang dapat merusak mental kalangan pelajar.
Dengan adanya jejaring sosial yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi buruk dari pengguna jejaring sosial dikalangan pelajar .Maka dapat menarik perhatian saya melakukan penelitian sekaligus menganalisis dampak positif dan dampak negatif jejaring sosial bagi pelajar.

Dampak Positif Jejaring Sosial
a.   Tak jarang juga dikarekanakan jejaring sosial muncul bahasa bahasa baru seperticius, miapah, cungguh, enelan, dan lain sebagainya yang tidak ada didalam kamus bahasa Indonesia. Jejaring sosial saat ini banyak sekali diikuti oleh para remaja. Banyak sekali orang mengatakan bahwa jika tidak membuat akun atau tidak mempunyai akun jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter kampungan atau biasa yang disebut kamseupay.
b.  Pengaruhnya semakin meningkat dengan perkembangan zaman smartphone seperti Blackberry dan Iphone, remaja semakin mudah mengakses situs situs jejaring sosial Tak jarang jejaring sosial menjadi tempat utama untuk curhat ataupun tempat ajang menyindir.Orang yang tidak populer di dunia nyata dapat populer di kalangan jejaring sosial karena mungkin sering mengupdate status dan lain- lain. Seseorang akan merasa ia populer dan tidak ingin berteman dengan orang yang tidak popular.
c.   Menghindari Stress, Sarana promosi, Menyalurkan hobi menulis,Tempat curhat (galau), Berbagi Informasi,Bertemu teman lama,Dapat memiliki banyak teman.
d.     Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
e.      Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.

Dampak Negatif Jejaring Sosial
a.       Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya
b.      Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
c.       Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.
d.      Situs jejaring sosial adalah lahan yang subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru kita dikenal anak kita di internet menggunakan jati diri yang sesungguhnya atau tidak.

Upaya Mengatasi Bahaya Jejaring Sosial
Membatasi membuka jejaring sosial sebisa mungkin Harus mengetahui fungsi jejaring sosial yang digunakan Menghargai orang lain, jangan menyindir atau menjelekkan orang lain di jejaring sosial Harus pandai mengatur waktu, kapan waktu belajar dan kapan waktu bersenang-senang, Jadi  Internet memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelajar tetapi di lain pihak internet menjadi suatu media informasi yang tidak mudah untukdi batasi.
Jadi jelas dampak dari internet dapat ditentukan oleh pengguna itu sendiri. Teruslah berjuang untuk menggapai cita-cita Jangan menganggap diri sempurna dan populer ketika followers ataupun teman anda di jejaring sosial, jangan membeda bedakan manusia Meskipun sudah ada dunia maya jangan hanya terfokus akan dunia maya lihatlah dunia sekitar dan jangan lupa bersosialisasi.
Jejaring sosial juga dapat menyebabkan manusia lupa beribadah dikarenakan itu kita harus pandai membagi waktu antara dunia maya dan dunia nyata. Jejaring sosial juga dapat membahayakan kesehatan manusia terutama mata dan dapat membahayakan tubuh seperti lupa makan ataupun lainnya. Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah jejaring sosial memiliki banyak manfaat tetapi tak bisa dipungkiri jejaring sosial juga memiliki berbagai macam bahaya dan konsekuensi lainnya.



.
Sumber



Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog