Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

24 Februari 2017

8.Pendaduk di Alfa SMPN 1 Cikarang Utara - Rossiantika Pratiwi XI IIS 2

                        
 8 .Pendaduk di Alfa SMPN 1 Cikarang Utara - Rossiantika Pratiwi XI IIS 2

          Pengemis adalah orang-orang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta di muka umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Meskipun menjadi mengemis adalah halal, tidak semua orang boleh menjadi pengemis. Orang yang boleh menjadi pengemis adalah orang yang sangat miskin sehingga ia terpaksa mengemis untuk bertahan hidup.
          Salah satunya yaitu pengemis yang cacat (difabel),dan tidak berkemampuan produktif secara ekonomi, ketidakmampuan mungkin pantas bagi mereka untuk menjadi alasan sebagai latar belakang mereka untuk memiih jalan menjadi pengemis dan mencari tahu siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas mereka. Setelah diklasifikasi diantaranya yaitu ada seorang pengemis yang saya wawancarai.
Ibu Vera adalah seorang pengemis jalanan, yang mencari nafkah di depan toko Alfamidi dekat kota Pilar. Dia lahir di Bekasi, 1 Maret 1995, sekarang dia tinggal di kampung Sindang Jaya  tetapi  asal daerah dia itu di daerah Brebes. Dulu, ibunya Bu Vera tinggal di Brebes dan saat  sedang mengandungnya ibunya Bu Vera merantau ke Bekasi, akhirnya ibunya Bu Vera melahirkan di daerah Bekasi.
 Setelah ia dewasa, dia menikah dengan seorang laki-laki dan memiliki 2 anak. Tetepi, dia ditinggalkan oleh suaminya karena Bu Vera memiliki keterbatasan fisik. Dia adalah tulang punggung keluarga,  untuk menafkahi kedua anaknya agar bisa bertahan hidup. 
Dalam pekerjaan ini sistem bagi hasilnya tidak untuk siapa-siapa, ini hanya untuk dia bersama keluarga agar anaknya bisa membeli susu. Pendapatan dia sehari bisa mendapat  Rp.40.000,- ribu jika ramai dan Rp.25.000,- ribu jika sepi.
Ibu Vera mulai bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Tempat  tinggal Bu Vera juga mengontrak, dia tidak memiliki rumah, dan dia juga tidak memiliki kendaraan jika kemana-mana selalu naik becak. Mulai dari berangkat sampai pulang bekerja pun dia selalu manaiki becak.
 Pendidikan dia hanya sampai lulusan SD saja, dia tidak melanjutkan pendidikannya ke yang lebih tinggi karena keadaan yang tidak memungkinkan.
Bu Vera tidak mempunyai pengalaman kerja sebelumnya, dia hanya berprofesi seperti ini saja.
Kesan Bu Vera bersyukur atas apa yang telah didapat. Pesannya jangan pantang menyerah, selalu berusaha, jadilah penerus bangsa, dan selalu berdoa kepada Allah swt.








Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog