Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

28 Februari 2017

30. Pendaduk di Rel KA Stasiun Cikarang. Wiki Widiyawan. XI. IIS 4






Pengemis adalah seorang yang mendapatkan penghasilan dengan meminta-minta dimuka umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Meskipun menjadi pengemis adalah halal, tidak semua orang boleh menjadi pengemis, orang yang boleh menjadi pengemis adalah orang yang sangat miskin sehingga ia terpaksa mengemis untuk bertahan hidup.
Salah satunya adalah ibu Marsinah Adalah seorang pengemis yang cacat di daerah stasiun kereta Cikarang,yang terletak didaerah Kaum utara. Karena bu Marsinah sudah tua jadi dia sudah lupa dengan umurnya lagi. Bahkan tempat tanggal lahirnya pun dia sudah lupa, ia lahir di Cikarang, tepatnya di sekitar kampung baru.
Sejak lahir dia sudah tinggal di Cikarang dan tinggal di kontrakan bersama pak ogah yang meminta uang di sekitar perlintasan kereta. Beliau tidak mempunyai seorang anak, tetapi beliau tetap bekerja untuk menyambung kehidupannya.
Dalam pekerjaan ini sistem bagi hasinya tidak untuk siapa-siapa, hasilnya ini hanya untuk ia sendiri. “jika bagi hasil untuk orang lain,nenek hanya kebagian sedikit. Makannya tidak ada sistem bagi hasil” ucap nenek Marsinah.
Penghasilan sehari-hari nenek itu tidak menentu, terkadang  yang paling besar itu hanya Rp. 50.000; paling terkecil Rp.10.000, bahkan jikalau cuaca tidak mendukung si nenek bisa tidak mendapat uang sama sekali.
Si nenek  mulai bekerja  dari jam 7 pagi sampai 9 malam. Nenek itu dari kecil hingga sekarang belum pernah merasakan duduk di bangku sekolah karena keterbatasan dana. Pengalaman kerja si Nenek Marsinah belum ada karena penyakit yang dideritanya.
Nenek Marsinah berangkat mengemis dengan berjalan kaki. Bersama dengan pak ogah yang berada di rel kereta api.
Pesan yang disampaikan nenek marsinah untuk para pelajar: “belajarlah yang sukses,semoga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Dan dimudahkan segala urusannya, dan dilancarkan rezekinya.”





Sumber
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog