Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

20 Mei 2014

Kualitas Prabowo dan Jokowi "di bawah" Presiden-Presiden Sebelumnya

.

 
Pemilu presiden sudah di hadapan mata. Berbagai media sudah terlalu sering membahas keduanya. Bahkan, menurut saya sudah over-exposure, sudah kelebihan hingga ada yang mengatakan bahwa pemirsa televisi sampe munteh-munteh lihat tayangan di media elektronik beberapa hari ini. 
 
Saya tak akan menambahkan apa yang sudah disampaikan oleh berbagai media itu. Saya akan mencoba memberikan pandangan dari sisi yang berbeda, yang jarang diungkapkan oleh media. Hal yang saya maksudkan yaitu sebuah fakta bahwa kedua calon presiden yang sudah resmi terdaftar pada saat ini telah mengalami penurunan "kualitas" dari berbagai sisi dibandingkan dengan presiden yang masih menjabat (SBY). 
 
Tak banyak yang akan saya ungkapkan, biarlah nanti di tulisan selanjutnya saya buka yang lainnya. Sebelum mengungkapkan penurunan kualitas kedua capres, saya sampaikan terlebih dahulu profil singkat SBY. Beliau adalah seorang Jenderal penuh (Bintang 4) dan seorang doktor (S3). 
 
Maksud saya membandingkan hal ini, bukan untuk menunjukkan "kelemahan", melainkan sekadar menyampaikan fakta. 
 
Mari kita bahas satu per satu. Capres yang pertama adalah Prabowo Subianto. Sudah banyak yang mengetahui bahwa beliau adalah seorang pensiunan (purnawirawan) Jenderal. Akan tetapi, ketika pensiun beliau ini belum menjadi Jenderal penuh. Beliau "hanyalah" seorang Jenderal Bintang 3 alias Letnan Jenderal (Letjend.)
 
Mari kita bahas capres yang satunya, yaitu Joko Widodo (Jokowi). Sudah banyak orang yang tahu bahwa beliau ini datang bukan dari kalangan militer, melainkan dari kalangan terpelajar/ akademis (namun bukan akademisi). Beliau ini bukanlah seorang profesor ataupun doktor. Beliau "hanyalah" seorang sarjana (S1).  
 
Sudah cukup jelas bahwa keduanya menunjukkan penurunan "kualitas". Apabila salah satu capres yang ada sekarang berhasil menjadi presiden selanjutnya, maka SBY yang seorang jenderal bintang 4 akan digantikan oleh Prabowo yang "hanya" berpangkat bintang 3; atau SBY yang seorang doktor (S3) akan digantikan oleh Jokowi yang "hanya" bergelar sarjana (S1). 
 
Tulisan ini masih belum selesai. Jika Anda melihat lebih jauh lagi ke belakang sejarah bangsa ini, akan Anda temukan penurunan kualitas yang sangat jelas. Mari kita lihat dari presiden pertama hingga presiden SBY. Urutannya adalah:

1. Soekarno: bergelar Ir. (Insinyur) => S1
2. Soeharto: berpangkat Jend. (Jenderal Besar)* => bintang 5
3. B.J. Habibie: bergelar Prof. (Profesor) => Guru Besar
4. Gusdur: bergelar Dr. H.C. (Doktor)** => S3
5. Megawati: -
6. SBY: Doktor (S3) dan Jenderal (bintang 4)

*) Di Indonesia ini hanya ada 3 orang yang berpangkat bintang 5 (Jenderal Besar), yaitu Panglima Besar Jend. Soedirman, Jend. A.H. Nasution, dan Jend. Soeharto). Baca selengkapnya di sini: http://id.wikipedia.org/wiki/Jenderal_Besar 
 
**) Gusdur mendapatkan gelar Dr. H.C. (Doktor Honoris Causa) dari 8 universitas di luar negeri. Baca selengkapnya di sini: http://www.gusdur.net/Profil 
 
Agar menjadi lebih jelas, urutannya akan saya modifikasi sedikit dengan pemisahan gelar dan pangkat. 
 
Di bidang akademis: 
Nama Presiden dan Calon Presiden 
-------------- 
B.J. Habibie => Gusdur => SBY => Jokowi
 
Gelar Presiden dan Calon Presiden: 
--------------- 
Prof. => Dr. H.C. (S3) => Dr. (S3) => Sarjana (S1) 
 
 
Di bidang militer: 
Nama Presiden dan Calon Presiden: 
Soeharto => SBY => Prabowo 
 
Pangkat Presiden dan Calon Presiden 
Jenderal Besar (bintang 5) => Jenderal (bintang 4) => Letnan Jenderal (bintang 3) 
 
 
Sudah cukup jelas bukan??? Kedua capres kali ini mengalami penurunan "kualitas" dibandingkan dengan presiden-presiden sebelumnya. 
 
Terima kasih telah membaca tulisan ini. Indonesia!!! Silakan tentukan pilihan Anda!


 


.


Sumber


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog