Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

01 April 2013

Cara Meningkatkan Alexa Traffic Rank

Usaha Memahami 
      Keberhasilan SEO      




Meningkatkan ketrampilan SEO (Search Engine Optimization) selalu mewarnai kegiatan hampir semua web-master (pemilik web/blog). Apapun pemahaman web-master atas hal ini, SEO tetap merupakan motivasi untuk meningkatkan kualitas web/blog (meski dalam prakteknya, justru malah sering menurunkan kualitas web/blog jbs.).


Perbedaan dalam mengartikan (dan memahami) SEO, telah memunculkan berbagai tehnik (trick) untuk mencapai The Successfully SEO.


Purpose & Goal SEO setiap web-master bisa berbeda, ini sangat tergantung pada pemahaman masing-masing. Ada yang menganggap final-terminology SEO adalah tinginya Google Page Rank (PR), sementara yang lain menganggap bahwa SEO adalah rendahnya (kecilnya) angka Alexa.


Tak ada yang salah sama sekali, sebab hal-hal di atas memang merupakan komponen penting dalam SEO. Komponen penting, artinya bukan merupakan tujuan utama (final purpose). Lebih tepat dianggap sebagai sebuah Goal dalam usaha meraih Final Purpose -nya.



The biggest question is, 
what is the final target/purpose 
of SEO?



Google Page Rank (PR)



Sangat bisa diterima, bahwa pemberian PR (oleh Google) di-dasarkan pada "popularitas" suatu (halaman) web/blog. Sangat logis.


Tetapi, jika popularitas hanya diukur dari jumlah backlink (yang berkualitas sekalipun), maka memperoleh PR akan menjadi hal yang "mudah". Betapa tidak.


Hanya dengan meninggalkan "komentar profesional" pada suatu artikel web/blog Do-follow, ber-PR tinggi, dan ber-thema sama dengan halaman blog kita, maka kita akan mendapatkan high quality one-way backlink ! Tanpa harus melakukan  link-exchange. Betapa mudahnya pekerjaan Master-SEO.


Faktanya, Google PR tidak akan mengundang (Real) visitor ke web/blog kita. Tetapi kemungkinan bisa menarik minat para advertizer untuk menjadikan Anda sebagai publisher -nya.



Alexa Traffic Rank


Angka trafik Alexa dihasilkan dengan komputasi rumit, melibatkan jumlah visitor, akses halaman, serta populasi situs di suatu area (region) dalam suatu satuan waktu tertentu. Tetapi pada dasarnya merupakan kalkulasi kepadatan-lalu lintas (traffic) dalam suatu web/blog.


Inipun tak akan sulit diraih, sebab di sini tidak akan dibedakan, apakah traffic dihasilkan oleh unique -visitor atau bouncing -visitor. Seorang web-master yang rajin melakukan blog-walking sepanjang hari, pasti akan mudah memiliki Alexa yang "ramping". Alangkah berat & membosankan-nya menjadi Master-SEO yang begini.


Faktanya, jumlah visitor yang tinggi lah yang akan merampingkan Alexa. Terbaliknya pemahaman ini, akan membuat web-master melakukan hal-hal yang irasiona.


Membuat artikel/posting tentang Alexa, dipercaya akan merampingkan indikator Alexa. Wow …! Alexa adalah suatu proffessional company, dimana (mesin) Alexa tidak memiliki emosional-sense selayaknya kita manusia. Lakukan saja SEO sesuai sistem kalkulasi Alexa, maka indikator Alexa akan menjadi ramping.


Jangan lakukan hal hal yang membuat Anda tampil bodoh dan membuang waktu. Web/blog ber PR-2/lebih, tetapi sepi dari kunjungan visitor. Sementara itu, ada blog PR-0/1 dengan 200-300 lebih visitor/hari.


Web/blog dengan Alexa ramping, tetapi harus mati-matian blog-walking. Sementara itu ada blog yang juga ber Alexa ramping, tapi jarang atau sekedarnya saja dalam blog walking (tanpa maksud men-diskredit kan blog-walking).


Apapun terminologi SEO yang diberikan oleh setiap web-master (pemilik web/blog), pada akhirnya semua akan mengarah pada volume visitor (terutama Real Visitor) ke web/blog tsb. dalam suatu satuan waktu (time base).


Volume (jumlah) visitor tinggi memiliki 2 (dua) makna:

  • Jumlah visitor tinggi (Alexa ramping) karena web master rajin mengundang mereka untuk hadir, misalnya dengan blog walking menulis "undangan" dalam Guest-book.
  • Jumlah visitor tinggi (Alexa ramping) meski web-master tidak mengundang mereka menggunakan Guest-book dengan blog-walking; visitor datang langsung dari proses yang terjadi dalam Search Engine.


SEO disebut sukses bila jumlah visitor selalu meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu. Tak peduli, apakah web-master nya seorang blog-walker atau bukan, dan tak peduli pula apakah web/blog tsb. punya PR tinggi dan ber-Alexa ramping atau tidak. Karena logikanya, PR dan Alexa hanyalah "buku-rapor" tentang SEO. Sayangnya, keduanya tidaklah sempurna dalam memberikan gambaran keberhasilan SEO yang murni.



Jumlah Real-Visitor, inilah tolok-ukur keberhasilan suatu tindakan SEO. Perlu diingat, bahwa SEO pada dasarnya adalah tindakan optimasi untuk web/blog Monetasi. 

Web/blog yang di-fungsikan sebagai sarana bisnis bernilai ekonomis secara online. Web/blog seperti ini sangat mengutamakan jumlah visitor (potencial visitor). 

Dalam hal ini, SEO lebih mengarah pada SEM (Search Engine Marketing). Jika orientasi web/blog Anda adalah situs-monetasi, maka SEO mutlak diperlukan.



Dengan terminasi ini, jika kita nge-blog hanya sebagai hiburan atau kegiatan tanpa mengandung tujuan ekonomis, maka SEO bukan hal wajib. Terkecuali Anda memang ingin memanfaatkan web/blog untuk belajar SEO. Atau sekedar berbangga diri dengan PR tinggi dan Alexa ramping.
Share:

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog