Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

12 Februari 2013

Langkah-langkah Membuat Rangkuman / Ringkasan

rang·kum·an kl n 1 pelukan; 2 ringkasan; ikhtisar (dr uraian) dsb
ring·kas·an n hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita: 
demikianlah ~ hikayat Nabi Musa
ikh·ti·sar n pemandangan secara ringkas (yg penting-penting saja): ringkasan: 
buku ini memuat -- tata bahasa Indonesia;




Sekarang ada cara mudah untuk membuat rangkuman atau ringkasan isi buku, khususnya buku nonfiksi. Mau tau caranya? Gampang, cukup dengan 8 langkah saja kamu sudah bisa membuat ringkasan dari buku nonfiksi yang tebalnya bisa ratusan halaman itu. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak langkah demi langkahnya:

 

Catat data-data buku yang dibutuhkan 

Contoh data buku seperti: judul buku, pengarang, penerjemah (bila ada), nama penerbit, tahun penerbitan, nama editor (digunakan jika dalam buku tidak dicantumkan pengarangnya). Informasi-informasi ini penting dalam membuat ringkasan sebuah buku. Tidak hanya untuk buku nonfiksi, hal ini juga berlaku untuk buku fiksi.

 

Baca sampul belakang buku

Sampul belakang buku biasanya digunakan penulis untu mempromosikan diri yang berisi biografi penulis. Cari poin-poin penting yang bisa digunakan untuk mendiskripsikan sang penulis.

 

Bacalah daftar isi

Dengan membaca daftar ini kita sudah bisa mengetahui apa saja yang dibahas dalam buku tersebut.

 

Bacalah pendahuluan

Dalam pendahuluan biasanya penulis akan memberikan gambaran tentang buku yang ditulis. Biasanya ada poin-poin penting tentang hal-hal yang dibahas dalam buku tersebut.

 

Cari jawaban masalah tersebut dalam buku

Cobalah mencari jawaban atas permasalah yang diangkat oleh penulis.

 

Bacalah Kesimpulan

Biasanya penulis memberikan kesimpulan halaman belakang buku karangannya untuk memudahkan pembaca untuk mengetahui secara keseluruan isi dari buku tersebut.

 

Mulai Menulis

Setelah mendapat data-data di atas, mulailah menulis dengan menggunakan bahasa sendiri tentang buku yang ada ringkas tersebut.

 

Review tulisan anda sekali lagi

Lihat kembali apakah masalah dan juga jawaban yang diangkat oleh penulis sudah teringkas semua. Lihat juga apakah kesimpulan yang anda buat sudah seuai dengan yang diharapkan oleh penulis.




Sumber: klik di sini!
Share:

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog