Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

11 Februari 2013

Langkah dan Cara Menjadi Penulis Profesional

Kalau memang mau menjadi writerpreneur, ya harus menjadi penulis yang insaf di jalan penulisan.


Insaf itu berbanding lurus dengan luruhnya segala macam keluhan yang melatari profesi sebagai penulis, apalagi sebagai wirausaha penulisan. Masuk ke wilayah wirausaha selain perlunya rasa cinta dan hasrat (passion) yang tinggi, juga harus tahan banting di medan bisnis. Memang tidak ada sebuah kebetulan yang menjadikan Anda penulis berbayaran belasan, puluhan, hingga ratusan juta. Apa yang ada adalah sebuah proses meskipun kemudian Anda akan mengalami lompatan. Insaflah!

 

Insaf bahwa menulis bukan sekadar pekerjaan, tetapi bisnis

Menulis bukan sekadar pekerjaan menyusun kata-kata ataupun pengisi hasrat di waktu luang, sekaligus bisa nampang di media. Di balik menulis ada bisnis karena tidak ada satu bidang kehidupan pun di dunia ini yang dapat lepas dari tulis-menulis. Penulis dibutuhkan pada setiap zaman–telusuri kembali sejarah bagaimana penulis itu mendapatkan privilege khusus dari para raja dan penguasa.

 

Insaf soal potensi diri

Menulis bukan bakat, melainkan keterampilan yang diulang-ulang terus-menerus. Karena itu, setiap orang berpotensi menjadi penulis, apalagi ia memiliki sarana untuk itu, seperti komputer, akses internet, dan media sosial ala Kompasiana ini. Setiap orang memiliki potensi sebagai penulis karena 1) memiliki pengalaman pribadi; 2) menyimpan pengalaman orang lain; 3) memiliki pengetahuan akademis; 4) memiliki pengetahuan otodidak; 5) memiliki imajinasi dan fantasi.

 

Insaf soal adanya proses

Menulis tidak dapat dikesampingkan dari proses untuk melatihkannya. Kalau Anda menulis seperti memainkan jurus pendekar Dewa Mabuk, Anda tidak akan pernah menemukan esensi menulis dan strategi menguasainya–bahkan jurus Dewa Mabuk pun sebenarnya mengandung langkah-langkah proses! Proses menulis standar yang harus Anda kuasai adalah 1) Prewriting; 2) Drafting; 3) Revising; 4) Editing; 5) Publishing. Jika Anda sudah menjalani langkah demi langkah, berarti Anda sudah sadar adanya proses menuju profesional.

 

Insaf soal memosisikan diri

Anda mau sekadar menjadi penulis atau menjadi lebih dari sekadar penulis? Penulis umumnya berkutat pada target menulis dan dimuat di media  massa atau mengirimkan karyakan ke penerbit dan menjadi buku. Penulis seperti ini banyak yang mengalami frustrasi daripada mengalami suatu lompatan karier sebagai penulis. Anda harus tahu memosisikan diri Anda sebagai penulis karya mandiri dan juga sebagai penulis yang bisa menghasilkan karya untuk siapa pun. Ibaratnya kita melakukan ekstensifikasi terhadap potensi kepenulisan kita, bahkan juga diversifikasi konten tulisan.

 

Insaf soal pasar

Terakhir adalah insaf soal pasar jika Anda memang memosisikan diri sebagai penulis jasa yang juga memasarkan keahlian Anda kepada sebanyak mungkin orang/lembaga. Anda harus tahu spesialisasi apa yang paling cocok untuk Anda. Anda juga harus menetapkan positioning apakah menjadi penulis spesialis atau menjadi penulis generalis yang merambah ke berbagai jenis dan ranah tulisan. Pasar tulisan jika kita petakan begitu luas sekali dan menyasar ke mana-mana.

 

Indonesia adalah sumber konten yang tak pernah ada matinya

Di sini tengah tumbuh kelas menengah baru yang berpotensi sebagai konsumen tulisan dan juga berpotensi sebagai pengguna jasa penulisan, posisi penulis profesional pun menjadi sangat penting. Generasi baru yang muncul juga generasi baru yang sadar konten dengan kemampuan mengakses informasi lebih luas lagi; mereka tentu memerlukan konten tertulis yang mampu mencerahkan dan menggerakkan rasa ingin tahu mereka.

Wahai penulis, insaflah untuk melangkah ke dunia profesional.

 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog