Belajar Bahasa Indonesia Online SD SMP SMA KBBI PUEBI Buku Materi Pelajaran Tugas Latihan Soal Ujian Sekolah Penilaian Harian Silabus

Pencarian

15 Desember 2012

Seminar Studi Evaluasi Ujian Nasional (UN) dan Penerimaan Siswa Baru (PSB)

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan, menggelar seminar akhir Studi Evaluasi Ujian Nasional dan Penerimaan Siswa Baru Dalam Meningkatkan Mutu Proses Belajar di Kota Medan Tahun Anggaran 2012 di Grand Elite Hotel, hari ini.

Seminar yang dibuka Wakil Walikota Medan, Dzulmi Eldin ini, diharapkan dapat memberikan gambaran model penerimaan siswa baru yang terbaik dalam peningkatan prestasi siswa, khususnya di tingkat SMA maupun SMK secara seragam.

Di hadapan para peserta seminar, Eldin menyampaikan ada 3 pokok permasalahan yang ingin dijawab dalam studi ini. Pertama, bagaimana pelaksanaan sistem penerimaan siswa baru  (PSB) yang dilakukan sekolah. Kedua, bagaimana kesiapan para siswa dalam menghadapi ujian nasional (UN). Sedangkan yang ketiga, bagaimana hubungan antara prestasi belajar di tingkat SMP/MTsN dengan prestasi belajar di tingkat SMA/SMK sesuai dengan jalur PSB.

Menurut Eldin, ada beberapa pihak yang tidak menerima hasil UN menggambarkan mutu pembelajaran secara keseluruhan. Sebab, belum ada data akurat tentang proses pembelajaran yang terjadi semua level pendidikan. Untuk itu studi ini diharapkannya bisa memberikan manfaat bagi sekolah sebagai dasar untuk perbaikan pelaksanaan pembelajaran, khususnya dalam persiapan  pelaksanaan UN.

“Saya juga berharap studi ini bermanfaat bagi Balitbang Kota Medan dan Pemko Medan  untuk mendapatkan data tentang tingkat kesiapan sekolah dalam melaksanakan UN, sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan untuk perbaikan kualitas pendidikan. Serta sebagai bahan masukan dalam menyusun program perbaikan kualitas pendidikan, khususnya pelaksanaan UN dan sistem PSB,” kata Eldin.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kota Medan Hasan Basri, ketika menyampaikan laporan memaparkan, pelaksaan studi ini telah dimuali sejak November 2012.  Diawali dengan pengambilan data melalui kuisioner kepada para siswa dan para guru SMA dan SMK Negeri di Kota Medan sebagai responden. Setelah itu dilakukan tabulasi dan perhitungan serta analisis terhadap data yang diterima. Sebelum seminar hasil ini, telah dilakukan beberapa kali rapat tim teknis.

Sedangkan peserta seminar berjumlah 100 orang yang berasal dari anggota Komisi B DPRD Kota Medan, Balibang Provinsi Sumatera Utara , asisten dan pimpinan SKPD di lingkungan pemko Medan, pengurus Dewan Pendidikan Kota Medan, Kepala UPT Pendidikan, kepala sekolah SMA dan SMK Negeri serta staf Balitbang Kota Medan.




Share:

0 comments:

Posting Komentar

Harap beri komentar yang positif. Oke boss.....

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Populer di Indonesia

Sahabat Sejati

Informasi Terkini

Populer Bulanan

Populer Mingguan

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Arsip Blog